Senin, 09 Maret 2009

asian cup

Asian Cup PDF Print E-mail

asiancup.jpgPiala Asia merupakan turnamen sepak bola antar negara yang diadakan di benua Asia. Negara yang berhak untuk mengikuti turnamen ini harus menjadi anggota AFC. Piala Asia dilaksanakan setiap empat tahun sekali, di negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah oleh AFC. Piala Asia ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1956, dengan Hong Kong sebagai tuan rumah. Negara yang menjadi juara untuk pertama kalinya dalam penyelenggaraan Piala Asia adalah Korea Selatan.


Sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Asia, negara yang menjadi juara hanyalah negara-negara dari Asia Timur dan Asia Barat. Dominasi negara-negara pada kedua wilayah ini menunjukkan bahwa perkembangan sepak bola dikawasan Asia lain masih jauh di bawah harapan. Peraih gelar juara Asia paling banyak dipegang oleh 3 negara, yaitu Arab Saudi, Iran, dan Jepang. Masing-masing dari ketiga negara ini berhasil meraih gelar juara Asia sebanyak tiga kali. Sedangkan Korea Selatan berhasil menjadi juara Asia dua kali. Negara lain yang mampu menjadi juara pada penyelenggaraan Piala Asia adalah Israel (sebelum bergabung ke UEFA), Kuwait, dan terakhir Iraq.


Pemain yang berhasil menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang perhelatan Piala Asia adalah pemain Iran, Ali Daei. Pemain Iran ini berhasil menyarangkan 14 gol keg gawang lawan sepanjang karirnya di Piala Asia. Sementara itu pemain Korea Selatan, Lee Dong-Gook menempati urutan kedua pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan total 10 gol. Sedangkan rekor pencetak gol terbanyak untuk satu kali penyelenggaraan Piala Dunia dipegang oleh Behtash Fariba dari Iran dan Choi Soon-Ho dari Korea Selatan. Mereka berhasil mencetak 9 gol dalam penyelenggaraan Piala Asia tahun 1980.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar