Senin, 09 Maret 2009

bola

Permainan sepak bola menggunakan bola berbentuk bundar yang terbuat dari bahan kulit atau bahan lain yang sejenis. Bola yang dipakai dalam permainan sepak bola memiliki keliling tidak lebih dari 70 cm (28 inci) dan tidak kurang dari 68 cm (27 inci). Bola yang di pakai alam permainan sepak bola harus memiliki berat yang sesuai dengan ketentuan dari IFAB, yaitu tidak kurang dari 410 gram (14 oz) dan tidak boleh lebih dari 450 gram (16 oz), dengan tekanan 0,6 – 1,1 atmosfer. Jika pada saat permainan berlangsung, bola tidak memenuhi criteria tersebut, maka wasit yang memimpin pertandingan dapat mengganti bola dengan yang baru, yang sesuai dengan ketetapan IFAB dan FIFA.

Pergantian bola yang tidak layak pakai dapat dilakukan baik pada saat permainan sedang berjalan maupun saat permainan terhenti karena lemparan ke dalam, tendangan gawang, tendangan sudut, terjadi pelanggaran, maupun saat kick off. Jika pergantian bola terjadi saat permainan berlangsung, maka permainan kembali dilanjutkan dari posisi bola saat mengalami kerusakan. Yang berhak memutuskan terjadinya pergantian bola hanyalah wasit yang memimpin jalannya pertandingan.

Bola yang dipergunakan dalam permainan sepak bola, terutama dalam turnamen yang diadakan oleh FIFA, harus mendapat persetujuan dari FIFA dan telah melalui pengujian kelayakan. Salah satu tanda bahw bola tersebut sesuai dengan standar yang diwjibkan oleh FIFA dan IFAB adalah dengan adanya salah satu dari tiga logo yang disetujui FIFA. Logo tersebut adalah logo “FIFA APROVED”, logo “FIFA INSPECTED”, dan referensi dari “INTERNATIONAL MATCHBALL STANDARD (IMC)”. Bola yang tidak memiliki salah satu dari logo FIFA tersebut tidak dapat digunakan pada pertandingan resmi yang diadakan oleh badan sepak bola dunia itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar