Senin, 09 Maret 2009

CAF

CAF PDF Print E-mail
CAFPerkembangan sepak bola di Afrika pada beberapa tahun terakhir ini cukup pesat. Untuk mengakomodasi dan mengawasi serta mamajukan persepakbolaan di Afrika, maka pada tahun 1957 dibentuklah asosiasi sepak bola yang bernama Confederation Africane de Football, atau Confederation of African Football (CAF). Pada perhelatan Piala Dunia, CAF mendapatkan jatah 4 tempat yang diperebutkan oleh semua anggotanya.

CAF juga mengorganisasi kejuaraan sepak bola yang melibatkan negara maupun klub yang menjadi anggotanya. Kejuaraan yang diadakan oleh CAF diantaranya adalah African Cup of Nations, African Nations Championship, CAF Confederation Cup, dan African Champions League. Selain itu setiap tahun CAF juga memilih pemain terbaik dari Afrika, baik itu yang berlaga di liga-liga Afrika maupun di berbagai negara di dunia.

Saat ini negara-negara di Afrika yang bergabung dengan CAF berjumlah 53 negara. Diantara negara-negara anggota CAF, ada juga 10 negara yang berpartisipasi dalam Arab Nations Cup, yang diselenggarakan oleh UAFA. Mereka adalah Algeria, Comoros, Djibuti, Mesir, Libya, Marocco, Somalia, Sudan, dan Tunisia. Daftar dari negara yang bergabung dalam CAF adalah:

* Algeria
* Angola
* Benin
* Botswana
* Burkino Faso
* Burundi
* Kamerun
* Cape Verde
* Central Africa Republic
* Chad
* Comoros
* Cote d’Ivoire
* Congo
* Congo DR
* Djibouti
* Egypt
* Equatorial Guinea
* Eritrea
* Ethiopia
* Gabon
* Gambia
* Ghana
* Guinea
* Guinea-Bissau
* Kenya
* Lesotho
* Liberia
* Libya
* Madagascar
* Malawi
* Mali
* Mauritania
* Mauritius
* Maroko
* Mozambique
* Namibia
* Niger
* Nigeria
* Reunion (bukan anggota FIFA)
* Rwanda
* Sao Tome and Principe
* Senegal
* Seychelles
* Sierra Leone
* Somalia
* South Africa
* Sudan
* Swaziland
* Tanzania
* Togo
* Tunisia
* Uganda
* Zambia
* Zanzibar (bukan anggota FIFA)
* Zimbabwe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar