Senin, 09 Maret 2009

IFAB

IFAB PDF Print E-mail

Pada awalnya sepak bola memiliki peraturan yang berbeda antara satu negara dengan negara yang lain. Perbedaan peraturan tersebut cukup menghambat kemajuan permainan sepak bola. Untuk menyeragamkan peraturan yang digunakan dalam permainan sepak bola, the Football Association (FA) bersama dengan tiga asosiasi sepak bola negara lain, yaitu the Scottish Football Association (SFA), the Football Association of Wales (FAW) dan the Irish Football Association (IFA) mengadakan pertemuan di Manchester. Pertemuan yang berlangsung pada tanggal 6 Desember 1882 ini memutuskan untuk merumuskan suatu peraturan umum tentang permainan sepak bola yang dapat digunakan oleh setiap negara. Pada pertemuan itu juga disepakati untuk membentuk suatu badan yang bertugas merumuskan peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola. Badan tersebut kemudian diberi nama International Football Association Board (IFAB).

ifabPertemuan pertama yang dilakukan oleh IFAB terjadi pada tanggal 2 Juni 1886. markas FA di Holborn Viaduct, London menjadi tempat pertemuan tersebut. Pertemuan ini dihadiri oleh wakil dari asosiasi sepak bola Inggris (FA), Wlaes (FAW), Scotlandia (SFA), dan Irlandia Utara (IFA). Pada pertemuan tersebut masing-masing asosiasi memiliki satu suara. Pertemuan tersebut merumuskan peraturan dasar sepak bola yang digunakan oleh masing-masing asosiasi sepak bola tersebut.

Setelah terbentuk di Paris pada tahun 1904, FIFA menetapkan bahwa peraturan yang dibuat oleh IFAB dijadikan sebagai peraturan yang mengikat selurh anggota FIFA. Dengan tebentuknya FIFA, maka terjadi perubahan dalam keanggotaan IFAB. Jika sebelumnya IFAB hanya beranggotakan empat asosiasi sepak bola yang mencetuskan berdirinya IFAB dengan suara yang sama, maka keanggotaan baru setelah FIFA berdiri serta suara yang dimiliki oleh anggota IFAb juga berugah. Saat ini anggota yang berada di dalam IFAB adalah FA, SFA, FAW, IFA dan FIFA. Baik FA, SFA, IFA, maupun FAW memiliki satu suara di dalam IFAB, sedangkan FIFA memiliki 4 suara.

Hingga saat ini semua peraturan permainan sepak bola yang mengikat secara global dirumuskan dan dikeluarkan oleh IFAB. Semua anggota FIFA wajib mematuhi dan melaksanakan aturan tersebut.

Peraturan sepak bola yang dikeluarkan secara lengkap oleh IFAB dapat dibaca di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar