Senin, 09 Maret 2009

OFC

OFC PDF Print E-mail


OFC LogoOceania Football Confederation (OFC) adalah asosiasi sepak bola yang dibentuk untuk mengembangkan kagiatan sepak bola di kawasan Oseania. Dengan bermarkas di Auckland, Selandia Baru, OFC dibentuk pada tanggal 15 November 1966. Tidak seperti asosiasi sepak bola lain, di perhelatan Piala Dunia federasi sepak bola Oseania ini hanya mendapat jatah setengah negara, dalam artian negara yang lolos kualifikasi pada zona ini harus memainkan laga play off dengan salah satu negara peringkat ke lima dari zona Amerika Selatan. Hal ini lebih dikarenakan kompetisi sepak bola pada federasi sepak bola oseania ini belum mampu untuk bersaing dengan federasi sepak bola lain.

Pembentukan asosiasi sepak bola Oseania dipelopori oleh federasi sepak bola Australia, Selandia Baru, dan Kepulauan Fiji. Asosiasi sepak bola Oseania ini mempunyai tugas yang cukup berat untuk memajukan persepakbolaan di wilayah Oseania, mengingat negara-negara anggotanya tidak ada yang memiliki tradisi kuat dalam olah raga ini. Karena itu, untuk meningkatkan tingkat persaingan negara anggotanya, OFC mengadakan kejuaraan untuk tingkat Oseania. Dua pertandingan yang cukup penting bagi negara anggota OFC, yang diselenggarakan oleh asosiasi sepak bola Oseania adalah Oceania Club Championship yang mempertemukan klub-klub dari negara anggotanya, dan Ooceania Championship League, dimana klub pemenangnya berkesempatan untuk memainkan pertandingan play off untuk ikut serta dalam FIFA Club World Cup. Sedangkan untuk tingkat negara, pertandingan yang paling bergengsi adalah OFC Nations Cup, dimana pemenangnya berkesempatan untuk memainkan partai play off sebagai jalan untuk dapat berartisipasi dalam kejuaraan Piala Dunia FIFA.

Sebelum tahun 2006, jumlah negara yang bernaung di bawah OFC sekaligus anggota FIFA berjumlah 12 negara, dengan New Caledonia sebagai negara ke-12. namun sejak Australia memutuskan untuk bergabung dengan AFC pada 1 Januari 2006, maka jumlah negara yang menjadi anggota OFC dan FIFA tinggal 11 negara. Negara-negara yang menjadi anggota OFC adalah:

* American Samoa
* Cook Islands
* Fiji
* Kiribati (bukan anggota FIFA; anggota NF-Board)
* Federated States of Micronesia (bukan anggota FIFA)
* New Caledonia
* New Zealand
* Niue (bukan anggota FIFA)
* Northern Mariana Islands (bukan anggota FIFA)
* Palau (bukan anggota FIFA)
* Papua New Guinea
* Samoa
* Solomon Islands
* Tahiti
* Tonga
* Tuvalu (bukan anggota FIFA)
* Vanuatu

Dari semua anggota OFC tersebut, hanya New Zealand yang pernah menikmati ketatnya perhelatan Piala Dunia, tepatnya Piala Dunia 1982 di Spanyol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar