Senin, 09 Maret 2009

pemimpin pertandingan

Sebuah pertandingan sepak bola terdiri dari dua babak yang di selingi dengan waktu istirahat di sela-sela babak satu dan dua. Waktu normal dari setiap babak adalah 45 menit, karena itu waktu pertandingan sepak bola sering disebut dengan 2 x 45 menit. Waktu istirahat yang diberikan diantara babak pertama dan kedua berkisar antara 10 hingga 15 menit.

Pada sebuah turnamen sepak bola yang menggunakan sistim knock out sering terjadi skor yang sama hingga waktu pertandingan normal selesai. Pada kasus seperti ini, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit, dengan tanpa istirahat antar babak. Pada babak perpanjangan waktu ini, IFAB pernah menetapkan peraturan gol emas (golden goal) dan gol perak (silver goal). Yang dimaksud dengan peraturan Golden Goal adalah peraturan yang menyatakan bahwa tim yang berhasil menyarangkan bola ke gawang lawan pada masa perpanjangan waktu dinyatakan sebagai pemenang tanpa harus menyelesaikan sisa waktu pertandingan. Peraturan Silver Goal sedikit berbeda dengan Golden Goal. Pada peraturan Silver Goal, tim yang berhasil mencetak gol lebih dulu belum dinyatakan sebagai pemenang, sebelum menyelesaikan sisa waktu pertandingan pada babak tersebut. Hal ini memungkinkan tim lawan untuk mengejar ketertinggalan, bahkan berbalik memimpin pertandingan. Jika hingga babak perpanjangan waktu selesai kedudukan masih seimbang, maka pemenang pertandingan biasanya diputuskan melalui adu pinalti.

Pada setiap babak dalam permainan sepak bola biasanya terdapat masa tambahan waktu, atau biasa disebut dengan injury time. Injury time ini ditujukan untuk mengganti waktu yang terbuang dalam permainan sepak bola. Lamanya waktu injury time dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa faktor yang menyebabkan dan mempengaruhi lamanya waktu injury time adalah pergantian pemain, pelanggaran yang menyebabkan pemain mengalami cidera, baik ringan maupun berat, pemindahan pemain yang cidera dari dalam lapangan ke pinggir lapangan untuk mendapat perawatan, waktu yang dibuang-buang oleh pemain saat bola tidak dalam permainan (biasanya dilakukan oleh tim yang unggul), dan sebab lain yang mempengaruhi jalannya pertandingan sepak bola. Penentuan lamanya masa perpanjangan waktu ditentukan oleh wasit utama, dan diumumkan ke pemain, official tim, dan penonton oleh inspektur pertandingan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar