Senin, 09 Maret 2009

sepak bola dalam kehidupan global





player takes freekickSiapa yang tidak kenal dengan olah raga yang satu ini? Sepak bola adalah sebuah olah raga permainan yang sudah sangat dikenal dan amat sangat diminati di berbagai belahan dunia. Berbagai kalangan, baik itu kaya miskin, tua muda menggilai permainan sepak bola. Salah satu ajang favorit dan paling akbar sepanjang sejarah sepak bola adalah ajang World Cup yang diselenggarakan oleh FIFA setiap 4 tahun sekali. Ajang World Cup diselenggarakan di negara berbeda yang diajukan oleh asosiasi sepak bola regional dan disetujui oleh FIFA. Sepak bola merupakan sebuah permainan kolektif antara dua tim, dengan masing-masing tim beranggotakan 11 pemain. Tujuan dari permainan ini adalah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin dalam waktu yang telah ditentukan. Permainan ini banyak diminati karena mampu menghadirkan beragam emosi, baik itu bagi pemainnya maupun bagi penonton pertandingan sepak bola itu sendiri. Begitu besarnya antusiasme yang ditunjukkan terhadap sepak bola, maka tidak salah jika sepak bola merupakan sebuah olah raga permainan yang mampu menyatukan setiap orang di dunia. Dan tidak lah salah jika FIFA sebagai badan sepak bola tertinggi di dunia menggunakan istilah “football without frontier”, yang menunjukkan bahwa sepak bola mampu dinikmati oleh berbagai kalangan, tanpa melihat perbedaan yang ada.

Sepak bola adalah permainan yang dilangsungkan pada sebuah lapangan berumput yang berbentuk persegi panjang. Pada masing-nmasing lebar lapangan terdapat sebuah gawang, yang menjadi target pemain untuk memasukkan bola. permainan sepak bola ini penuh dengan trik dan strategi. Strategi yang diterapkan oleh pelatih, ditunjang dengan kemampuan individu dan kerja sama yang terjalin antar pemain sangat penting untuk memenangkan pertandingan sepak bola.

Selain sepak bola lapangan yang dimainkan baik oleh pria maupun wanita, ada juga beberapa jenis sepak bola yang cukup dikenal oleh masyarakat. Jenis-jenis permainan yang masuk dalam kategori sepakbola adalah sepak bola pantai, sepak bola indoor, dan juga futsal. Namun untuk masalah ketenaran, belum ada yang bisa mengalahkan ketenaran dari sepak bola lapangan, terutama yang dimainkan oleh kaum adam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar