Senin, 09 Maret 2009

UEFA

UEFA
PDF Print E-mail
UEFA
Union of European Football Association (the Union des Associations Européennes de Football), atau yang lebih kita kenal dengan UEFA, merupakan salah satu asosiasi terbesar di dunia, yang berada di bawah FIFA. UEFA merupakan asosiasi sepak bola yang membawahi kegiatan persepakbolaan di wilayah Eropa. Bukan hanya negara-negara Eropa saja yang menjadi anggota UEFA. Beberapa negara yang berada di benua Asia, diantaranya Rusia, Israel, Armenia, Georgia, Cyprus, Kazakhstan, dan Turki, lebih memilih untuk masuk ke UEFA daripada tergabung di bawah AFC (Asian Football Confederation). Hal ini lebih disebabkan oleh lebih majunya persepakbolaan di dataran Eropa jika dibandingkan dengan di wilayah Asia.

UEFA berdiri pada tanggal 15 Juni 1954 di Basle Swiss. Pendirian UEFA ini ditujukan untuk mengorganisir kegiatan sepak bola di daratan Eropa. Pendirian UEFA merupakan salah satu hasil dari pertemuan yang dilakukan oleh asosiasi sepak bola Perancis (FFF) dengan asosiasi sepak bola Italia (FIGC) dan Belgia. Sejak berdirinya hingga kini, UEFA merupakan asosiasi yang memiliki anggota terbanyak yang ikut ambil bagian dalam perhelatan Piala Dunia, dan memiliki negara dengan tradisi sepak bola yang cukup maju, sehingga menjadi tolak ukur bagi asosiasi sepak bola yang lain.

Turnamen Sepak Bola UEFA

Selain mengatur dan mengawasi kegiatan sepak bola di daratan Eropa, UEFA juga mengadakan berbagai turnamen sepak bola yang cukup terkenal di dunia. Turnamen ini melibatkan seluruh negara anggota UEFA, baik itu turnamen antar negara maupun turnamen antar klub. Turnamen sepak bola yang berlangsung di bawah komando dari UEFA diantaranya adalah Piala Eropa (EURO), Piala Champion Eropa (UEFA Champions League), Piala UEFA (UEFA Cup) dan lainnya.

* Piala Eropa (EURO)

Piala Eropa (EURO) merupakan ajang sepak bola antar negara terbesar yang diselenggarakan oleh UEFA. Perhelatan Piala Eropa diadakan setiap 4 tahun sekali, dengan negara yang bertindak sebagai tuan rumah ditunjuk oleh UEFA. Setiap negara yang tergabung di dalam UEFA berhak untuk berpartisipasi dalam ajang Piala Eropa ini.

Perhelatan Piala Eropa pertama kali digelar pada tahun 1960 di Perancis. Namun sebenarnya ide untuk mengadakan perhelatan Piala Eropa ini sudah tercetus sejak tahun 1927. pencetus ide tersebut adalah Henry Delaunay. Karena itu, untuk menghormatinya, piala yang diperebutkan pada ajang Piala Eropa ini disebut sebagai Piala Henry Delaunay.

Negara yang paling sukse selama perhelatan Piala Eropa digelar adalah Jerman. Jerman berhasil meraih tropi Piala Eropa sebanyak tiga kali (1972, 1980, 1996). Selain itu Jerman berhasil menjadi runner up dua kali dan sekali sebagai semi finalis.

* Liga Champion Eropa (UEFA Champions League)

Liga Champion Eropa pada mulanya bernama Piala Champion. Namun sejak musim kompetisi 1992 – 1993, nama kompetisi ini berubah menjadi liga Champion. Liga Champion merupakan ajang kejuaraan antar klub paling bergengsi di Eropa.

Putaran liga champion pertama kali digelar pada tahun 1955 dengan pertandingan final digelar di stadion Parc des Princes, Paris, Perancis. Liga champion ini mempertemukan klub-klub yang menduduki peringkat atas pada kompetisi reguler masing-masing negara. Pembagian “jatah” klub yang berhak berpartisipasi pada kejuaraan ini berbeda untuk masing-masing negara. Pembagian tempat yang dimiliki oleh masing-masing negara didasarkan pada peringkat negara yang bersangkutan di UEFA.

Klub yang paling sukses dalam ajang liga champion adalah Real Madrid, klub sepak bola dari Spanyol. Real madrid berhasil menjuarai Liga Champion sebanyak 9 kali, terakhir pada musim kompetisi 2001 – 2002. Kapten sekaligus penyerang Real Madrid, Raul Gonzalez merupakan pemegang rekor pencetak gol terbanyak dan pemain yang paling banyak tampil sepanjang sejarah perhelatan Liga Champion Eropa.

* Piala UEFA (UEFA Cup)

Piala UEFA merupakan ajang pertandingan sepak bola antar klub “kelas dua” di Eropa. Penyelenggaraan ajang Piala UEFA ini dilakukan oleh UEFA. Peserta dari Piala UEFA merupakan klub-klub sepak bola yang menduduki peringkat tertentu pada liga reguler masing-masing negara. Selain itu, sejak tahun 1999, juara piala liga di masing-masing negara juga berhak untuk berpartisipasi pada ajang ini. Sebelumnya pemenang piala liga pada negara anggota UEFA hanya boleh berpartisipasi pada ajang Piala Winner, yang merupakan ajang pertandingan sepak bola “kelas tiga” yang diadakan oleh UEFA. Sejak dileburnya Piala Winner ke dalam piala UEFA, maka berubah pola format dalam Piala Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar