Senin, 09 Maret 2009

badan sepak bola(fifa)

Fédération Internationale de Football Association (FIFA) PDF Print E-mail

FIFA Logo
FIFA adalah badan sepak bola dunia yang mengatur dan membawahi permainan sepak bola dan organisasi di bawahnya dalam skala internasional. FIFA merupakan kependekan dari Fédération Internationale de Football Association, yang didirikan di Perancis pada tanggal 21 Mei 1904, dengan menunjuk Robert Guérin sebagai presiden pertamanya. Saat ini kantor pusat FIFA terletak di Zurich, Swiss.

Sebelum FIFA berdiri, tidak ada sebuah organisasi yang megatur dan mengawasi perkembangan sepak bola dalam lingkup global. Masing – masing asosiasi sepak bola hany mengawasi dan mengembangkan sepak bola di negaranya masing-masing. Hal ini membuat perkembangan sepak bola sedikit terhambat. Dengan tujuan mengenalkan permainan sepak bola secara global, dan untuk mengontrol kegiatan sepak bola pada lingkup internasional, maka bertempat di Paris, dibentuklah badan sepak bola dunia yang kita kenal sekarang ini, FIFA.

Sebagai badan sepak bola internasional, FIFA memiliki tugas-tugas yang cukup beragam. FIFA berkewajiban untuk mengadakan turnamen sepak bola berskala internasional, menetapkan peraturan dalam permainan sepak bola (bersama IFAB), melakukan proosi tentang sepak bola ke seluruh penjuru dunia, serta mengakomodir segala hal yang bersinggungan dengan kegiatan persepak bolaan internasional. Selain itu FIFA juga membawahi asosiasi sepak bola regional yang ada di dunia.

Badan sepak bola regional yang berada di bawah FIFA merupakan kepanjangan tangan dari FIFA untuk mengatur dan mengawasi kegiatan sepak bola di negara-negara anggotanya. Ada enam asosiasi sepak bola regional, dengan wilayah kerja masing-masing. Ke enam asosiasi sepak bola tersebut adalah UEFA (daerah Eropa), AFC (Asia), CAF (Afrika), OFC (Oseania), CONCACAF (Amerika Utara), dan CONMEBOL (Amerika Latin). Melalui keenam asosiasi sepak bola tersebut FIFA mensosialisasikan sepak bola dan peraturan-peraturan yang ditetapkannya ke anggota-anggotanya. Saat ii negara yang terdaftar menjadi anggota FIFA berjumlah lebih dari 207 negara, lebih banyak dari jumlah anggota IOC dan bahkan jauh lebih banyak dari jumlah negara yang tergabung dalam PBB.

Turnamen

FIFA juga berkewajiban menyekenggarakan turnamen sepak bola dalam skala internasional. Beberapa turnamen yang diadakan oleh FIFA diantaranya adalah FIFA World Club, FIFA U-20 World Cup, FIFA U-17 World Cup, FIFA Confederation Cup, FIFA Club World Cup, FIFA Futsal World Cup, FIFA Beach Soccer World Cup, Men’s Olympic Football Tournament, FIFA Interactive World Cup, Blue Stars (FIFA Youth Cup), FIFA Women’s World Cup, FIFA U-20 Women’s World Cup, FIFA U-17 Women’s World Cup, dan Women’s Olympic Football Tournament.

FIFA World Cup merupakan ajang turnamen sepak bola terbesar di dunia, yang diselenggarakan oleh FIFA. Piala Dunia sepak bola ini diadakan setiap 4 tahun sekali, dengan tuan rumah yang berbeda setiap penyelenggaraannya. Untuk tahun 2010, Afrika Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan piala dunia. Sedangkan negara yang paling banyak mengoleksi gelar juara Piala Dunia adalah Brasil, yang berhasil menjuarai perhelatan akbar ini sebanyak lima kali (terakhir pada perhelatan Piala Dunia 2002 di Jepang-Korea Selatan). Selain itu, Brasil menjadi satu-satunya negara yang selalu mengikuti putaran final Piala Dunia.

Selain FIFA World Cup yang merupakan ajang turnamen sepak bola paling bergengsi, FIFA juga menggelar FIFI U-20 dan U-17 World Cup. Jika di FIFA World Cup usia pemain tidak ada batasan, namun pada dua turnamen ini (FIFA U-20 dan U-17) memiliki batasan maksimal usia pemain. Untuk mengikuti FIFA U-20 World Cup, Usia pemain tidak boleh lebih dari 20 tahun. Sedangkan FIFA U-17 World Cup membatasi usia pemainnya hingga 17 tahun.

Lembaga di FIFA

Seperti halnya organisasi-organisasi yang ada, FIFA juga memiliki badan atau lembaga yang memiliki tugas dan kewajiban masing-masing. Badan yang ada di dalan FIFA adalah:

* FIFA Congress

Kongres FIFA merupakan pengambil keputusan tertinggi dan terpenting di FIFA. Kongres FIFA diadakan setiap 4 tahun sekali, setelah perhelatan Piala Dunia selesai, dan biasanya bertempat di negara tempat Piala Dunia dilangsungkan.

Kongres FIFA dihadiri oleh semua anggota FIFA. Masing-masing anggota FIFA ini memiliki satu suara dalam kongres. Kongres FIFA ini merupakan tempat untuk mendengar pertanggung jawaban dari presiden FIFA, dan sekaligus menjadi tempat untuk memilih siapa presiden FIFA periode selanjutnya. Biasanya untuk mengakomodir semua keinginan anggota, setiap tahun diadakan pertemuan tahunan, sebelum kongres FIFA diadakan.

* Executive Committee

Komite Eksekutif adalah badan yang bertanggung jawab untuk mengelola semua kegiatan FIFA setiap periode. Anggota Komite Eksekutif ini dipilih alam kongres FIFA yang diadakan setiap 4 tahun sekali. Komite Eksekutif ini juga bertanggung jawab untuk menyelanggarakan turnamen sepak bola berskala internasional. Tempat dan waktu penyelenggaraan turnamen tersebut menjadi tanggung jawab Komite Eksekutif.

Komite Eksekutif terdiri dari seorang Presiden yang dibantu oleh 8 wakil presiden, seorang sekretaris jenderal, dan 15 anggota yang mewakili semua konfederasi dan asosiasi sepak bola di dunia. Semua nggota dari Komite Eksekutif ini dipilih dalam Kongres FIFA.

* Standing Committee

Standing Committee merupakan suatu badan yang membantu skretari jenderal FIFA dalam melaksanakan tugasnya. Tugas dari Standing Committee diantaranya adalah memutuskan hal-hal yang bersifat penting demi kemajuan sepak bola dunia. Selain itu penyelenggaraan kejuaraan dunia juga menjadi salah satu tugas dari Standing Committee.

Standing Committee ini terdiri dari 25 komite dan 2 komisi disiplin. Masing-masing komisi memiliki tugas dan kewajiban masing-masing, sesuai dengan fungsinya. Komisi yang tergabung dalam Standing Committee ini adalah Executive Committee, Finance Committee, Organising Committee for the FIFA World Cup, Organising Comitte for the Confederation Cup, Organising Committee for the FIFA U-20 World Cup, Committee for Women’s Football and the FIFA Women’s World Cup, Futsal and Beach Soccer Committee, Referees Commmittee, Sport Medical Committee, Legal Committee, Media Committee, Football Committee, Marketing and Television Advisory Board, FIFA Club Task Force, Doping Control Sub-Committee, Ethics Committee, Goal Development Officer, Emergency Committee, Internal Audit Committee, Organising Committee for the Olympic Football Tournaments, Organising Committee for the FIFA U-17 World Cup, Organising Committee for the FIFA U-17 and U-20 Women’s World Cup, Organising Committee for the FIFA Club World Cup, Technical and Development Committee, Players’ Status Committee, Committee for Fair Play and Social Responsibility, Associations Committee, Goal Bureau, FIFA Medical Assessment adn Research Centre, Stadium and Safety Committee ad hoc, Appeal Committee, dan Dispute Resolution Chamber.

Peringkat Dunia FIFA

FIFA juga mengeluarkan daftar peringkat untuk negara-negara yang menjadi anggotanya. Daftar peringkat ini disusun berdasarkan banyaknya poin yang di dapat oleh suatu negara dalam kurun waktu tertentu. Perolehan poin ini dipengaruhi oleh performa dari masing-masing negara pada turnamen resmi yang diadakan oleh FIFA. FIFA selalu melakukan perbaharuan dalam menentukan daftar peringkat ini.

Peringkat yang dikeluarkan FIFA tersebut sangat fluktuatif dan dapat berubah setiap saat. Faktor utama yang dapat mengubah peringkat suatu negara adalah prestasi dari negara tersebut. Sedangkan peringkat FIFA tersebut merupakan salah satu ukuran untuk menentukan tim atau negara yang diunggulkan dalam sebuah turnamen resmi FIFA.

FIFA Player of the Year.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar