Senin, 09 Maret 2009

CONMEBOL

CONMEBOL PDF Print E-mail
CONMEBOLAmerika Selatan sudah dikenal secara luas sebagai penghasil pemain sepak bola berbakat di seluruh dunia. Hampir setiap klub yang ada di berbagai belahan dunia berburu pemain sepak bola ke daratan ini. Sebut saja pemain yang cukup terkenal di dunia, diantaranya Pele, Maradona, Batistuta, Ivan Zamorano, Bebeto, Dunga, Romario, Rivaldo, Ronaldo, Ronaldinho, Kaka, dan banyak lagi pemain berbakat yang lahir di daerah ini.

Selain pemain, negara yang berada di Amerika Selatan ini juga sarat dengan prestasi. Sebut saja Brasil yang merupakan peraih titel terbanyak dalam ajang Piala Dunia. Selain Brasil, masih ada juga negara dari Amerika Selatan yang berhasil meraih juara Piala Dunia lebih dari satu kali, misalnya Argentina dan Uruguay. Bahkan pada peringkat FIFA yang dikeluarkan oleh FIFA pada bulan Mei 2008, Argentina dan Brasil berhasil menduduki peringkat satu dan dua, dengan selisih poin yang cukup jauh (122 poin) dengan peringkat ke-tiga yang diduduki Italia.

CONMEBOL (Confederacion Sudamericana de Futbol) atau CSF, adalah asosiasi sepak bola yang dibentuk untuk mengurusi kegiatan persepakbolaan di Amerika Saelatan. CONMEBOL ini berdiri pada tanggal 9 Juli 1916. pendirian asosiasi sepak bola Amerika Selatan ini berawal dari pertemuan empat negara yang berinisiatif untuk mendirikan badan sepak bola demi kemajuan kegiatan sepak bola di Amerika Tengah. Keempat negara yang dapat disebut sebagai pendiri dari asosiasi sepak bola Amerika Latin (CONMEBOL) ini adalah Argentina (AFA), Brasil (CBF), Chile (Federation de Futbol de Chile), dan Uruguay (AUF).

Selain mengatur dan memajukan sepak bola di kawasan Amerika Latin, CONMEBOL juga mengadakan beberapa turnamen yang diikuti oleh semua anggotanya. Turnamen yang diadakan oleh CONMEBOL ada yang mempertemukan negara anggotanya, dan ada juga turnamen yang mempertemukan klub-klub terbaik dari masing-masing negara anggotanya. Turnamen yang diadakan oleh CONMEBOl diantaranya adalah Copa America (tingkat nasional), Piala Libertadores dan Cope Sudamericana (untuk tingkat klub).

Dalam perhelatan Piala Dunia, CONMEBOL tidak pernah ketinggalan untuk berpartisipasi. Satu-satunya negara yang selalu berpartisipasi dalam gelaran Piala Dunia adalah anggota CONMEBOL. Negara tersebut adalah Brasil. Dalam perhelatan Piala Dunia, CONMEBOL mendapat jatah 4½ negara, dimana negara peringkat ke-lima pada klasemen akhir kualifikasi akan memainkan pertandingan play off dengan negara peingkat 4 dari AFC.

Negara yang menjadi anggota dari CONMEBOL adalah:

* Argentina
* Bolivia
* Brazil
* Chile
* Colombia
* Ecuador
* Paraguay
* Peru
* Uruguay
* Venezuela

Tidak ada komentar:

Posting Komentar